Saturday, July 17, 2010

AUTISME PADA ANAK

Autisme adalah suatu kecacatan perkembangan yang mempengaruhi bagaimana seseorang berkomunikasi, berperilaku dan berhubungan dengan orang-orang di sekitar mereka. Istilah ini baru muncul pada tahun 1940-an.
Kita tidak tahu persis apa penyebabnya. Ada banyak mitos dan kesalahpahaman dalam masalah autisme ini. Bahkan, para ahli sendiri tidak selalu sepakat dengan tepat apa autisme itu sebenarnya, dan bagaimana cara yang paling benar dalam menangani anak-anak dengan autisme ini. Apa yang kita sebut autisme sebenarnya adalah salah satu dari berbagai kondisi secara kolektif yang disebut gangguan spektrum autisme (Autism Spectrum Disorders/ASD). Varian ASD lainnya adalah sindrom Asperger, dan Pervasive Developmental Disorder – Not Otherwise Specified (PDD-NOS).

Karakteristik
Anak-anak dengan autisme memiliki kesulitan dalam interaksi sosial, komunikasi, dan imajinasi. Mereka mengalami kesulitan menjalin persahabatan, dan kesulitan untuk memahami orang lain. Mereka tidak sepenuhnya memahami arti dari gerakan umum, ekspresi wajah atau nada suara. Mereka sering terlihat menyendiri dan acuh tak acuh terhadap orang lain. Mereka mengalami kesulitan untuk memahami kalimat-kalimat yang panjang dan instruksi.
Tidak hanya keterampilan komunikasi mereka saja yang miskin, tetapi mereka mungkin memiliki kebiasaan aneh lainnya; perilaku repetitif dan ritualistik, tangan melambai-lambai, atau berjalan berputar-putar, goyang, atau berbaris-baris sendiri.
Realitas bagi mereka adalah campur aduk yang membingungkan antara peristiwa, orang, tempat, suara dan pemandangan; yang seringkali membuat mereka cemas dan tertekan.
Kebanyakan orang dengan autisme memiliki kecacatan intelektual juga, dengan IQ di bawah normal. Kadang-kadang meskipun, mereka memiliki kemampuan memori yang baik, khususnya untuk hal-hal yang mereka telah melihat atau mendengar berulang-ulang. Sebagai contoh, mereka kadang-kadang dapat mengingat semua dialog dari sebuah film atau buku favorit.
Anak-anak dengan Sindrom Asperger kadang-kadang tidak terdiagnosis sampai mereka mulai bersekolah. Mereka dengan Sindrom Asperger seringkali membutuhkan perjuangan dalam interaksi sosial, namun seringkali memiliki kosakata yang lebih baik dan dapat bercakap-cakap panjang lebar tentang ’subjek favorit’ mereka. Anak-anak ini biasanya memiliki kemampuan intelektual dalam rentang normal dan mungkin tampak cukup berbakat intelektual dalam beberapa hal, tapi membutuhkan perjuangan di subjek yang lain.
Sedangkan Pervasive Developmental Disorder – Not Otherwise Specified (PDD-NOS) adalah diagnosis yang diberikan kepada anak-anak yang memiliki beberapa sifat-sifat ASD tapi tidak cukup parah harus didiagnosis baik sebagai autisme atau Asperger syndrome.
Penyebab
Kita tidak tahu persis apa yang menyebabkan ASD, tetapi ini merupakan gangguan perkembangan otak. Studi tentang orang-orang dengan kelainan autisme telah menunjukkan bahwa hal itu mungkin disebabkan oleh gangguan awal perkembangan otak janin.
Ada juga kecenderungan genetik dengan autisme, yakni cenderung untuk terjadi dalam beberapa keluarga. Sebuah keluarga yang sudah memiliki satu anak dengan ASD, kemudian memiliki keturunan kembar, hampir bisa dipastikan salah satu kembar terkena ASD.

Diagnosis
Gangguan spektrum autisme mempengaruhi sekitar 1-2 anak di antara 1000 anak. Anak laki-laki lebih cenderung terkena daripada anak perempuan. Gejala pertama muncul dalam dua atau tiga tahun pertama dalam hidup mereka.
Diagnosis biasanya dibuat oleh tim – seorang dokter (biasanya seorang dokter anak atau psikiater), ditambah seorang psikolog, ahli terapi bicara, terapis okupasi dan pekerja sosial. Harus ada sedikitnya dua gejala gangguan interaksi sosial; satu gejala perilaku repetitif dan ritualistik, dan kelainan dalam perkembangan bahasa, untuk diagnosis autisme. Anak-anak dengan Sindrom Asperger memiliki perkembangan kognitif yang normal.
Karena gangguan spektrum autisme didiagnosis berdasarkan kelainan dan keterlambatan dalam perkembangan bahasa dan keterampilan sosial serta keberadaan berulang fungsional non-ritual dan perilaku yang tidak normal, maka ada perselisihan antara pekerja kesehatan untuk kriteria diagnostik yang tepat dan bagaimana gangguan yang berbeda dalam kelompok didefinisikan dan diklasifikasikan.
Perawatan
Intervensi dini. Tidak ada obat untuk kondisi ini, tetapi mereka dapat berhasil diarahkan. Saat ini sudah ada bukti yang pasti bahwa intervensi awal dan kombinasi terapi wicara, struktur pendidikan, pelatihan ketrampilan sosial, terapi perilaku dan orangtua mempromosikan pendidikan dan pelatihan maladaptive, dapat mengurangi perilaku anti sosial mereka, meningkatkan komunikasi, keterampilan sosial dan keterampilan berpikir pada anak-anak dengan autisme.
Sayangnya, sebagian besar anak-anak autis di negara kita belum menerima jam intervensi awal yang cukup karena kurangnya pendanaan dan perhatian pemerintah. Anak-anak dapat dirawat di rumah atau di sekolah, tetapi secara umum, mereka belum dapat mengambil manfaat dari pelajarn yang diberikan kepada mereka.
Program perawatan harus dirancang secara individual kepada anak. Semakin cepat dimulai, akan semakin cepat hasilnya.
Obat. Pengaruh obat sebenarnya tidak menjamin adanya perbaikan yang lebih besar, meskipun sampai sepertiga anak-anak dengan autisme mengidap epilepsi, yang harus dirawat dengan obat-obatan. Sebagian besar obat yang diberikan adalah antidepresan dan obat penenang agar tidak berperilaku di luar kontrol yang dapat merugikan diri sendiri.
Kehidupan sehari-hari. Anak-anak autis memerlukan layanan khusus. Perhatian orangtua, serta perawat khusus untuk mengontrol perkembangan mereka, juga terapis.
Sekitar 15 persen dari anak-anak autis dapat hidup normal pada akhirnya – terutama jika tingkat kecacatannya ringan dan penanganannya sejak awal.

0 komentar :

Template by : kendhin x-template.blogspot.com