Sunday, June 27, 2010

merawat otak

Otak merupakan pusat susunan syaraf tubuh dan organ yang sangat vital, walupun letaknya didalam tubuh dan dilindungi oleh kulit. Di dalam tubuh, otak bekerja dan melakukan tugasnya seperti organ tubuh lain, seperti mengingat suatu hal atau kejadian. Karena otak merupakan bagian dari organ tubuh manusia, maka ia perlu juga dirawat dan disah agar ketajamannya terjaga. Jika otak tidak dirawat dan digunakan semestinya, apalagi selama beberapa waktu, mengakibatka gangguan, misalnya lupa dengan hal-hal penting.

Pada era yang serba modern ini, banyak orang melakukan aktifitas yang meminimalkan kerja otak, seperti begadang di luar rumah dari pada membaca. Selain itu, penelitian terbaru menyatakan bahwa radiasi alat-alat tehnologi modern, seperti hp dan computer, dapat mengganggu cara kerja otak.

Dibawah ini beberapa tips untuk merawat otak, yaitu:

1. Berolah raga
Olah raga yang dilakukan secara teratur akan menimbulkan efek rileks pada system syaraf otak dan melancarkan aliran darah. Jenis olahraga yang dapat dilakuakan antara lain: jaln santai, lari-lari kecil dan berenang.

2. Melatih otak / daya pikir
Dengan membaca dan menceritakan kembali kepada orang lain, mengisi teka-teki silang dan main permainan papan serta belajar main instrument musik merupakan cara untuk mempertajam pikiran. Menurut sebuah penelitian di University Of Michigan, ngobrol bermutu dengan teman-teman/keluarga, selain mempererat hubungan karena terlibat interaksi sosial, berguan juga meningkatkan keterampilan ingatan dan fungsi positif.

3. Aturlah stress
Aturlah stress dengan cara mendengarkan alunan melodi musik yang lembut, misalnya alunan musik instrumental atau lainnya. Selain bertujuan melepaskan beban dalam pikiran, mendengarkan musik juga memiliki efek menghibir dan menenangkan.

4. Istirahatlah yang cukup
Tidurlah selama 6-8 jam perhari atau sesuaikan dengan kondisi tubuh. Yang perlu diingat adalah tidur yang berkualitas, misalnya sebelum tidur lepasakn semua beban pikiran agar tidur terasa nyenyak dan bangun dalam keadaan segar . selain itu, aturlah waktu untuk beraktifitas dalam agenda. Hal ini bertujuan agar aktifitas yang dilakuakn selalu terjadwal dan terhindar dari lupa. Bila perlu luangkan waktu untuk mengerjakan hobi agar keluar dari kegiatan rutinitas yang membosankan.

5. Makanlah makanan yang sehat
Selagi muda, makanlah makanan yang penuh syarat gizi dan menyehatkan agar terjaga ketajaman dan stamina otak. Makanan yang penuh syarat gizi terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral.

0 komentar :

Template by : kendhin x-template.blogspot.com