Saturday, June 26, 2010

MENGATASI NARKOBA DENGAN TERAPI AL-QUR’AN

Seiring dengan berjalanya waktu, banyak generasi muda kita yang menggunakan narkoba. Narkoba seakan-akan sudah merajalela menggerayangi tubuh para remaja yang diharapkan menjadi generasi penerus bangsa yang handal dan sehat tanpa narkoba, hari demi hari, bulan demi bulan, tahun demi tahun, bahkan abad demi abad, banyak orang yang mati karena narkoba. Sangat menyedihkan dan mengenaskan sekali, tapi jalan itu yang dipilih oleh remaja zaman sekarang dengan alasan kalau mereka menggunakan narkoba, mereka akan merasa lebih percaya diri.

Istilah narkoba berhubungan dengan NAPZA. NAPZA merupakan singkatan dari Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya, istilah ini biasanya sering digunakan oleh kalangan kedokteran untuk menyebutkan sekelompok zat yang jika masuk kedalam tubuh akan menyebabkan ketergantugan. (Harlina & Joewana, 2005). Selain itu dampak fisik juga sangat merugikan bagi seorang pengguna narkoba, orang yang sudah pada taraf pemakaian yang tinggi, maka sistem syarafnya akan terganggu dan hal ini akan berdampak pada sisi psikologia dari seorang pecandu.
Banyak terapi-terapi yang ditawarkan untuk program ketergantungan narkoba, seperti terapi air (Hydro Therapy), dan lain sebagainya. Namun, jarang panti rehabilitasi yang berusaha mengatasi ketergantugan narkoba dengan menggunakan media islami. Menurut Dradjat Zakiah, beliau menemukan kenyataan bahwa perawatan jiwa dan jasmani yang disertai dengan pendekatan agama berhasil memberi kesembuhan lebih cepat dan lebih baik dari perawatan jiwa dan jasmani yang hanya dilakukan hanya dengan metode modern saja. Hal inin didukung dengan pelaksanaan yang mudah dan tidak memakan atau mengeluarkan banyak biaya.
Pemberian terapi alqur’an ini dilakukan setiap hari sehabis menunaikan ibadah shalat lima waktu. Adapun bentuk terapinya sebagai berikut :
• Setelah Shalat Subuh
a. Membaca surat al-ahzab ayat 56 sebanyak 7 kali
b. Membaca surat ad-Dhukhun
c. Membaca surat al-Waqi’ah
d. Membaca do’a Q.S. al-Baqaroh : 127-128
e. Membaca do’a Q.S. Ali Imron : 8

• Setelah Shalat Dzuhur
a. Membaca surat al-Waqi’ah
b. Membaca surat adz-Zdariyat
c. Membaca do’a Q.S. al-Baqaroh : 127-128
d. Membaca do’a Q.S. Ali Imron : 8

• Setelah Shalat Ashar
a. Membaca surat al-Waqi’ah
b. Membaca surat Muhamad
c. Membaca do’a Q.S. al-Baqaroh : 127-128
d. Membaca do’a Q.S. Ali Imron : 8

• Setelah Shalat Magrib
a. Membaca surat al-ahzab ayat 56
b. Membaca surat yasin
c. Membaca surat al-Waqi’ah
d. Membaca do’a Q.S. al-Baqaroh : 127-128
e. Membaca do’a Q.S. Ali Imron : 8

Dengan dilakukanya terapi al-qur’an ini diharapkan bisa membantu penyembuhan para pecandu narkoba, kalaupun anda belum pernah mencoba terapi al-qur’an ini ada baiknya untuk anda coba dan terapkan.

0 komentar :

Template by : kendhin x-template.blogspot.com