Friday, June 25, 2010

HUMANISME

Humanistik merupakan aliran ketiga dalam ilmu psikologi selain dari aliran Psikoanalisis dan Behaviorisme. Orang yang pertama memproklamirkan aliran humanistik ini ialah Abraham Maslow. Aliran ini menegaskan adanya keseluruhan kapasitas dan martabat serta nilai kemanusiaan untuk menyatakan diri (self ralization). Humanisme ini sendiri menentang pesimisme dan keputus asaan menurut pandangan psikoanalitik dan menentang pendangan behavioristik yang menyatakan konsep kehidupan adalah adalah robot yang tergantung kepada lingkungan yang membentuk kepribadian manusia itu sendiri.

Holisme memandang bahwa dalam diri manusia itu sendiri mengandung potendsi untuk berkembang sehat dan kreatif dan apa bila orang mau menerima tanggung jawab untuk hidupnya sendiri dia akan menyadari potensinya lebih kuat dibandingkan pengaruh yang datang nya dari luar sebagai contoh pendidikan dari orang tuanya , sekolah , dan tekanan sosiallainnya,
Penekanan Humanistik dalam kepribadian menekankan hal-hal sebagai berikut:
Holisme
Organisme selalu bertingkah laku sebagai kesatuan yang utuh, bukan sebagai rangkaian bagaian-bagian yang berdeda-beda. Jiwa dan tubuh bukabn bagian yang terpisahkan melainkan bagian dari satu kesatuan dan apa yang terjadi dibagian satu maka akan mempengaaruhi bagian lain.
Menolak Riset Binatang
Menekankan perbedaan antara tingakahlaku manusia dengan tingkah laku binatang.
Manusia Pada Dasarnya Baik,
Manusia mempunyai struktur psikologik yang analog dengan settruktur fisik mereka memiliki kebutuhan, kemampuan dan kecenderungan yang sifat dasarnya genetik
Potensi kreatif menjadi beberapa sifat menjadi ciri umum kemanusiaan, lainnya bersifat unik individual. Kebutuhan kemampuan,dan kecenderungan itu menjadikan hakekat menusia secara esensial baik.
Potensi Kreatif
Kreativitas merupakan ciri universal manusia sejak dilahirkan, kreatif adalah potensi semua orang yang tidak memerlukan bakat atau kemampuan yang khusus.
Menekankan kesehatan psikologik
Humanistik mendekatkan penelitiannya kepada manusia yang sehat, kreatif dan mampu mengaktualisasikan diri. Ilmujiwa seharusnya memusatkan analisisnya kepada tema pokok kehidupan manusia, yakni aktualisasi diri.

0 komentar :

Template by : kendhin x-template.blogspot.com