Sunday, June 13, 2010

Ciri-Ciri Masa Dewasa Dini

Menurut Hurlock (1996), ciri–ciri dewasa dini adalah:
a. Usia pengaturan
Di mana individu menentukan mana yang paling sesuai untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang akan memberikan kepuasan yang lebih permanen.

b. Usia reproduktif
Individu merasa siap untuk berkeluarga.
c. Usia bermasalah
Yaitu dalam tahun-tahun awal masa dewasa dini banyak mengalami masalah baru yang harus di hadapi oleh setiap individu. Rata-rata setiap individu di sibukkan dengan masalah-masalah yang berhubungan dengan penyesuaian diri dalam berbagai aspek.
d. Usia ketegangan emosional
Yaitu apabila individu tidak mampu mengatasi masalah-masalah utama dalam kehidupan individu sering sedemikian terganggu secara emosianal.
e. Usia keterasingan sosial
Yaitu berkurangnya frekuensi individu dalam menjalin hubungan dengan sosial. Individu yang berada pada usia dewasa dini memiliki hasrat kuat untuk maju dan bersaing, sehingga dengan banyaknya kesibukan yang miliki oleh individu, individu hanya dapat menyisihkan waktu sedikit untuk bersosialisasi
f. Usia komitmen
Yaitu individu harus dapat menentukan pola hidup baru dan harus dapat memikul tanggung jawab baru.
g. Usia ketergantungan
Yaitu individu merasa meragukan kemampuan yang di milikinya.
h. Usia perubahan nilai
Yaitu ada bebrapa alasan yang menyebabkan adanya perubahan nilai pada masa usia dewasa dini, diantaranya yang sangat umum adalah:
1. Orang muda dewasa ingin diterima oleh anggota kelompok dewasa, maka orang muda dewasa harus mau menerima nilai-nilai kelompok ini.
2. Orang muda dewasa harus bisa menyadari bahwa kebanyakan kelompok sosial berpedoman pada nilai-nilai konvensional, seperti halnya perilaku berpenampilan.

3. Individu yang berada pada usia dewasa dini lebih cenderung bergeser pada nilai-nilai yang lebih konservatif dan lebih tradisional.
i. Usia penyesuaian diri
Dalam masa ini gaya hidup yang menonjol pada individu adalah hal perkawinan dan peran sebagai orang tua, dimana pada penyesuaian ini merupakan pengganti dari masa perkenalan muda-mudi dan gaya tradisional.
j. Usia kreatif
Individu tidak ingin diperlakukan sama dengan individu lain dalam hal berpakaian, berperilaku dan bergaya bahasa karena individu tersebut takut dianggap inverior.

0 komentar :

Template by : kendhin x-template.blogspot.com