Thursday, May 27, 2010

Pengaruh Sikap Orang Tua Terhadap Anak

Sikap orangtua mempengaruhi cara mereka memperlakukan anak-anaknya dan sebaliknya, cara perlakuan tersebut mempengaruhi sikap anak terhadap orangtua. Oleh karena itu, pada dasarnya hubungan orangtua dengan anaknya bergantung atas sikap orangtua. Apabila sikap orangtua positif, hubungan tersebut akan jauh lebih menyenangkan. Sedang sikap negative orangtua akan mengakibatkan kurang lancarnya hubungan tersebut. Dari banyak kasus mengenai anak yang kurang dapat menyesuaikan diri, penyebabnya dapat dilacak pada adanya hubuungan orangtua dan anak yang buruk akibat sikap orangtua.
Pentingnya sikap orangtua terhadap hubungan keluarga, terlihat dari kenyataan bahwa sekali terbentuk sikap tersebut cenderung menetap, tidak berubah. Seperti semua sikap lainnya, sikap orangtua terhadap anaknya merupakan hasil dari proses belajar. Banyak factor yang menentukan sikap apa yang akan dipelajari. Factor pertama ialah konsep tentang ‘anak impian’ yang terbentuk sebelum kelahiran seorang anak. Konsep tersebut seringkali amat diromantisir dan berdasarkan atas jenis anak yang diinginkan orangtua. Apabila anak gagal memenuhi keinginan orangtua (dan ini bukan salah anak, bukan sama sekali!), maka orang tua menjadi kecewa sehingga mendorong munculnya sikap orangtua yang menolak. Mislanya saja ketika orangtua mengharapkan bayi perempuan mungil yang pendiam, ternyata yang keluar bayi perempuan gemuk dan hiperaktif, maka orangtua cenderung bersikap negative.
Factor kedua, pengalaman masa kecil ketika masih anak-anak juga akan mewarnai sikap orangtua terhadap anaknya. Orangtua yang ketika kanak-kanak diberi tanggung jawab untuk merawat adik-adiknya, mungkin memiliki sikap yang kurang menyenangkan terhadap anak-anaknya.
Nilai-nilai budaya mengenai cara mendidik anak yang dianggap terbaik, merupakan faktor ketiga.

0 komentar :

Template by : kendhin x-template.blogspot.com